• DDLC! Indonesia : Error Asli

    0

    (Catatan : Ini adalah penjelasan tentang fakta menarik dari suatu event / kejadian yang muncul pada bab 2 / pasca tragedi)

    Saat pemain membuat puisi untuk Yuri tiga kali berturut-turut, maka pemain akan sampai pada event / kejadian  "deja vu"  dimana layar akan mendadak hitam, dengan latar musik berjudul "Play With Me", yang akan memunculkan gambar close-up Yuri dengan mata bolong secara tiba-tiba (pas dengan beat musiknya). Setelahnya, akan muncul glitch sebentar, diikuti gambar error khas Ren'Py (engine game yang digunakan oleh DDLC!). 

    Mungkin pemain yang menemui error ini bingung, apa yang harus dilakukan?, apakah ini bikinan gamenya?, bagaimana supaya bisa lanjut?.


    (sumber)

    Jadi, kami mengonfirmasi bahwa ini adalah Error Asli dimana error ini memang disebabkan oleh kesalahan dalam  skrip permainan, bukan gimmick atau yang sengaja dipicu oleh DDLC! Indonesia, seperti munculnya file karakter, dll.

    Untuk mengatasinya, cukup klik  Ignore  saja, dan permainan bisa dilanjutkan seperti biasa.

  • DDLC! Indonesia : Good Ending (Ending Baik)

    0

    (Catatan : Ini adalah ending inti,  sekaligus ending yang sebenarnya

    Ending baik / Good Ending, atau juga disebut  Akhir Bahagia  disini, hanya bisa didapat saat pemain berhasil membuat puisi untuk ketiga gadis (Sayori, Yuri dan Natsuki). 

    Satu satunya cara untuk mendapatkannya adalah :

    1. Simpan permainan, sebelum memulai membuat puisi pertama kali
    2. Buat puisi yang terfokus ke salah satu gadis, hingga hari dimana festival dimulai (hari ketika tragedi Sayori)
    3. Ketika kamu bertemu Monika saat dia sedang mempersiapkan ruangan untuk festival, segera muat data yang kamu simpan saat pertama kali memulai membuat puisi.
    4. Lakukan hal yang sama seperti no.2 diatas untuk gadis ke-2 dan ke-3 hingga kamu mendapatkan seluruh CG / adegan eksklusifnya
    5. Jika sudah selesai, sekarang kamu bisa lanjut menyaksikan tragedi Sayori, dan seterusnya.
    6. Ketika sampai pada bab 3 (Just Monika), jangan terburu-buru menghapus berkas karakternya. Terus ikuti dialognya hingga kamu diminta membuat puisi oleh Monika.
    7. Saat ini, kamu bisa dengan aman menghapus berkas karakter Monika (monika.chr), dan menyelesaikan permainan.
    8. Setelah sampai pada akhir credits, Alih-alih Monika, Dan Salvato yang akan memberimu surat spesial autentik langsung dari tulisan tangannya sendiri.

    Catatan
    Pada saat membuat puisi, urutan apapun tidak mempengaruhi permainan (misal: Sayori, Yuri, lalu Natsuki)
    Adegan ke-3 dari tiap-tiap gadis adalah opsi yang harus dipilih pemain sendiri, dan tidak terpengaruh oleh puisi. 

    Keterangan
    Berikut adalah adegan eksklusif yang harus didapat, agar mendapatkan Akhir Bahagia atau Good Ending
    • Adegan Sayori 1 : MC mengancingkan jas Sayori
    • Adegan Sayori 2 : MC dan Sayori berburu alat tulis di kelas lain
    • Adegan Sayori 3 : MC menerima pernyataan sayang Sayori
    • Adegan Yuri 1 : MC dan Yuri membaca novel di bangku kelas
    • Adegan Yuri 2 : MC dan Yuri membaca novel di lantai kelas
    • Adegan Yuri 3 : MC membantu Yuri membuat spanduk di rumah MC
    • Adegan Natsuki 1 : MC dan Natsuki membaca manga di lantai kelas
    • Adegan Natsuki 2 : MC menolong Natsuki di ruang penyimpanan
    • Adegan Natsuki 3 : MC membantu Natsuki membuat kue mangkuk di rumah MC
    • Adegan Monika 1 : Just Monika di ruang kelas kosong 
  • DDLC! Indonesia : Quick Ending (Ending Cepat)

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, tapi lebih ke ending yang dipilih langsung oleh pemain.)

    Jika berkas karakter Monika dihapus (monika.chr) sebelum pemain memulai permainan, Sayori akan muncul dan sepertinya tersadar bahwa dia terjebak didalam permainan, dan berteriak "TOLONG HENTIKAN!". Lalu, dia akan menutup paksa permainan serta menghapus berkas karakter yang lainnya (termasuk dirinya).


    Jika setelah ini pemain kembali menjalankan permainan, alih-alih tampilan menu utama, yang muncul hanyalah tulisan "SELESAI" dengan latar hitam, diikuti gambar Sayori  gantung diri . Setelah 10 menit, sebuah tulisan tangan Sayori muncul tepat di sampingnya, "Sekarang semuanya bisa bahagia.". Hal juga ini bisa dipicu langsung, tanpa harus melihat Sayori kesakitan dan berteriak, dengan menghapus langsung berkas karakter Sayori (sayori.chr) sebelum permainan dijalankan.

  • DDLC! Indonesia : Bad Ending (Ending Buruk)

    0

    (Catatan : Ini adalah ending inti untuk DDLC! Indonesia) 

    Mulai versi terbaru DDLC! Indonesia (ver.1.2 2020-10-28), ending ini tidak dapat dihindari pemain, jika pemain secara eksplisit menggunakan salah satu dari beberapa jenis  kata-kata kotor  sebagai nama panggilan untuk MC. MC akan mengatakan bahwa dia belum siap bergabung dengan Ekskul Sastra. Disini Natsuki terlihat paling kecewa, dengan meninggalkan ruang ekskul.

    Setelah beberapa dialog, pemain langsung diantar ke tampilan credits. Tapi, alih-alih credits berjalan normal, saat credits hampir selesai, akan muncul error dan credits mengulang dari awal (dan ini akan berulang terus-menerus hingga pemain menutup paksa permainan.) 

  • DDLC! Indonesia : Quick Normal Ending (Ending Biasa Cepat)

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, tapi lebih ke ending yang dipilih langsung oleh pemain.) 

    Ending ini akan terjadi, ketika pemain memulai permainan dari awal lagi (memilih Main Baru di Menu Utama), setelah bergabung dengan Ekskul Sastra sampai dengan hari ke-5 saat Monika mempersiapkan ruangan untuk festival. Dan MC menerima pernyataan sayang (cinta/suka) Sayori, di hari sebelumnya.

    Pada awalnya, semua sama seperti di awal ketika MC bertemu ketiga gadis lainnya, sampai pada saat mereka akan pulang, dan MC mengatakan  "Bagaimana bisa aku memberi keputusan yang murni dengan situasi seperti ini?" . Jika seharusnya MC langsung menyetujui untuk bergabung dengan Ekskul Sastra, sekarang pemain diberi dua pilihan :

    • Katakan Sejujurnya : MC mengatakan bahwa dia belum siap bergabung dengan Ekskul Sastra. Disini Natsuki terlihat paling kecewa, dengan meninggalkan ruang ekskul. Setelah beberapa dialog, pemain langsung diantar ke tampilan credits, dengan hanya  empat CG yang berwarna. Monika juga memberikan surat spesial di akhir credits yang isinya berbeda dengan ketika pemain mendapatkan Ending Biasa (lihat gambar).
    • Ikuti arusnya : MC setuju untuk bergabung dengan Ekskul sastra, dan permainan berlanjut seperti biasa.

    Trivia
    Pilihan ini di desain pada awalnya untuk memenuhi keinginan tim penerjemah, dan didukung oleh beberapa beta-tester. Alasannya, agar MC memiliki sisi tegas dalam memilih, tanpa dipengaruhi faktor eksternal.

    Ini adalah satu-satunya ending yang terjadi atas kehendak pemain sendiri, dengan kesadaran penuh. Terlepas pemain penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya, pada dasarnya DDLC! Indonesia tidak dibuat untuk memberi cerita tambahan secara signifikan, tetapi hanya menerjemahkan dan mengubah bagian yang dirasa perlu saja.
  • DDLC! Indonesia : Normal Ending (Ending Biasa)

    0

    (Catatan : Meski ini ending inti, namun bukan ending yang sebenarnya.  Hampir semua pemain selalu mengira bahwa setelah melewati ending ini, mereka berhasil menyelesaikan permainan. )

    Ending ini akan terjadi, ketika pemain  gagal  untuk menghabiskan waktu dengan ketiga gadis (Sayori, Yuri dan Natsuki) saat bab 1 (sebelum tragedi), yang secara otomatis tidak mendapatkan kesembilan CG / adegan eksklusif dengan masing-masing 3 CG untuk tiap gadis.

    Di bab 4 (bab dimana ketiganya kembali), permainan terlihat normal seperti pada bab 1, hingga saat Sayori dan MC hanya berdua didalam kelas. Dia (Sayori) berterima kasih karena telah melenyapkan Monika. 

    Pada saat ini, Monika menyadari bahwa setiap karakter yang menjadi ketua Ekskul Sastra akan sadar diri dan mengetahui bahwa DDLC! sebenarnya hanyalah sebuah permainan dan bahwa karakter tersebut tidak memiliki kehendak bebas. Oleh karena itu Monika menghapus semuanya, saat credits ditampilkan. 

    Disini bisa dilihat, bahwa CG / adegan eksklusif yang tidak didapatkan pemain akan muncul dengan warna abu-abu. Dan sebaliknya, CG / adegan eksklusif yang didapat, akan muncul dengan warna normal.

    Setelah credits berakhir, Monika memberikan surat spesial pada pemain, tentang terima kasihnya kepada pemain, tentang apa yang baru dia sadari, dan permintaan maaf atas segala masalah yang terjadi selama permainan.


    Trivia

    Sebelum akhirnya ditambahkan di DDLC! versi DDLC! Plus, DDLC! Indonesia adalah yang pertama memberi "subtitle" pada dialog Monika, saat credits akan diputar (ini termasuk suara Monika yang awalnya kurang jelas). Jika perangkat pemain tidak cukup cepat / lagging, kemunculan "subtitle" tidak selaras dengan apa yang diucapkan Monika.

    Di DDES selain latar credits yang dibuat terdistorsi (alih-alih berwarna hitam seperti aslinya), jika terdapat gambar CG / adegan eksklusif yang belum didapatkan, setiap gambar CG yang ada akan menampilkan efek glitch sebelum akhirnya "dihapus". 

  • DDLC! Indonesia : Ending Monika

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, tapi lebih ke event/kejadian yang mengarah ke  penghapusan keberadaan Monika . Meski nyatanya Monika masih berhasil menyelamatkan diri. Event/kejadian ini tidak bisa dihindari.)

    Ending Monika ini, sekaligus sebagai penutup bab 2. Setelah hari ke-3 tragedi Yuri, Natsuki muncul dan terkejut lalu muntah dan kabur begitu saja. Tak lama kemudian, Monika muncul, sambil meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan MC, dia lalu menghapus Natsuki dan Yuri begitu saja. Setelahnya, sambil memakan kue mangkuk buatan  salah satu anggota  Ekskul Sastra, dia meminta MC menunggu sebentar.

    Disini bab 3 dimulai, setelah tampilan logo Team Salvato yang rusak, layar mendadak gelap, lalu selang beberapa saat, muncul Monika di ruang kelas yang kosong, dengan latar mirip seperti di luar angkasa. Disini dia lalu mengaku bahwa dia yang memanipulasi permainan, apa tujuannya, dan bagaimana mudahnya dia menghapus kedua anggotanya itu.

    Setelah ini, Monika akan membahas banyak topik yang dia pikirkan sepanjang permainan. Di sini, pemain sudah bisa menghapus berkas karakter Monika (monika.chr) dengan aman. Ketika berkas karakter terhapus, tubuh Monika akan rusak, terdistorsi, meninggalkan bentuknya saja, yang lalu membuat amarahnya memuncak, menunjukkan kekecewaannya terhadap pemain. Akhirnya, dia menyesal dengan apa yang dia lakukan terhadap anggota Ekskul Sastra yang lain. Monika lalu mengungkap, bahwa dia tidak percaya melakukan ini, mengetahui bagaimana sayangnya dia dengan Ekskul Sastra dan anggotanya. Hingga sampai pada satu keputusan, dia memulihkan seluruh teman-teman anggota ekskul sastranya, kecuali dirinya sendiri (Meski begitu, dia masih ada, menjadi semacam roh yang tidak berbentuk).


    Trivia

    Di DDES, alih-alih layar hitam yang muncul ketika bab-3 hampir berakhir (saat Monika menyadari tentang dia yang menghapus teman-teman anggota Ekskul Sastranya), Monika kembali muncul, dengan mata dan mulutnya terdistorsi warna merah putih dan hitam, sambil sesekali menghilang.

    Di DDLC! Indonesia,  nama pembuat  kue mangkuk tidak dibuat terdistorsi, tapi baris kalimat yang menyertakan nama tersebut langsung dihapus, setelah glitch muncul.

    Di DDLC! Indonesia, saat pemain melakukan live streaming, selama Monika bisa mengenali aplikasi live streaming yang digunakan pemain, Monika tidak akan membahas segala macam topik yang dia pikirkan sepanjang permainan, tapi langsung mengarah ke bagian dimana dia akan menyapa para penontonnya, dan mengatakan bahwa pemain tidak sopan, serta memberi sedikit kejutan. Yang berakhir dengan dia menghapus berkas karakternya sendiri (hal ini juga terjadi, jika Monika sudah membahas seluruh topik yang dia pikirkan, ketika pemain tidak melakukan live streaming). Hal ini dilakukan, untuk memangkas waktu permainan langsung ke-intinya, saat pemain melakukan live streaming.

  • DDLC! Indonesia : Ending Natsuki

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, karena bukan akhir bab. Event/kejadian ini bisa dihindari.)

    Ending Natsuki ini terjadi pada bab 2. Ketika MC bertukar puisi dengan Natsuki di hari ke-3, dan MC telah membuat puisi yang mengarah ke Natsuki dua kali berturut-turut (di hari ke-1 dan 2). Saat itu, Natsuki akan mengeluh ke MC, karena MC terlalu banyak menghabiskan waktunya dengan Yuri.

    Setelahnya, saat dialog berlanjut, mulut dan mata Natsuki mulai  menghitam , perlahan menangis darah, diikuti musik tema puisi Natsuki yang menjadi suram, beserta layar yang menjadi merah gelap. Dan puncaknya, Natsuki berteriak BERMAINLAH DENGANKU!, lehernya patah, tersenyum dan berlari menuju pemain. Seluruh musik dan efek suara berhenti, saat tulisan SELESAI terbalik muncul.

    Terakhir, pemain akan dibuat bingung dan mengira permainan tiba-tiba memulai ulang, tapi dalam sekejap permainan kembali seperti biasa, seakan tidak terjadi apa-apa, dan Natsuki masih ada seperti sebelumnya.


    Trivia

    Di DDES, saat tulisan SELESAI terbalik muncul. Efek suara berlari masih terus terdengar.

  • DDLC! Indonesia : Ending Yuri

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, tapi lebih ke event/kejadian yang mengarah ke akhir hidupnya Yuri. Event/kejadian ini tidak bisa dihindari.)

    Ending Yuri terjadi setelah bertukar puisi hari ke-3 di Bab 2. Yuri menyatakan tentang perasaannya kepada MC. Terlepas pemain menerima / tidak pernyataan cinta Yuri, Yuri akan tetap  menusuk  dirinya dengan pisau dapur sebanyak tiga kali. Akhirnya, pemain dipaksa untuk menghabiskan akhir pekan di ruang ekskul sembari membaca 1440 dialog acak. Di setiap 160 dialog sekali, proses transisi mengeringnya mayat Yuri, diikuti bergantinya hari ditampilkan. Mulai dari darahnya yang mengering, matanya yang semakin pucat, senyumnya yang perlahan menjadi datar.


    Tips

    Pemain bisa menggunakan tombol "Lewati" setelah beberapa dialog acak, untuk menghemat waktu.


    Trivia

    Di DDES, pada bab 2 ini, kata "cinta" pada dialog-dialog Yuri, setelah Monika mengatakan  "Yuri sesuatu banget 'kan?" , bisa berubah menjadi "sayang" atau "suka". Tergantung kepada siapa terakhir puisi pemain ditujukan. Sayori : "sayang", Natsuki : "suka", Yuri : "cinta".

    Tentunya perubahan teks ini tidak berpengaruh sama sekali di permainan.

    Di DDLC! Indonesia, hal ini dihilangkan.

    transisi mengeringnya mayat Yuri


  • DDLC! Indonesia : Ending Sayori

    0

    (Catatan : Ini bukan ending inti dari permainan ini, tapi lebih ke event/kejadian yang mengarah ke akhir hidupnya Sayori. Event/kejadian ini tidak bisa dihindari.)

    Ending Sayori terjadi saat permainan sudah setengah jalan. Yang menandai berakhirnya Bab Pertama. Terlepas apapun pilihan MC, entah itu memilih Sayori atau tidak, apa yang akan dilihat oleh MC akan tetap sama. Sayori mengakhiri hidupnya dengan  gantung diri .

    Ketika MC memasuki kamar Sayori, permainan akan mulai rusak, dan musik berjudul Sayo-nara pun diputar. MC akan berpikir bahwa ini adalah salahnya, menyesali mengapa MC harus menolak pernyataan sayang Sayori (jika memilih "Kamu teman tersayangku"), atau mengapa harus menerima pernyataan sayang Sayori (jika memilih "Aku sayang kamu"). MC berpikir, bahwa andai saja dia memilih pilihan yang lain, mungkin hal ini tidak akan terjadi.

    Setelah ini, ketika permainan memaksa pemain kembali ke Menu Utama, gambar Sayori akan diganti dengan gambar terdistorsi gabungan antara Monika, Yuri dan Natsuki. Tulisan pada tombol "Main Baru" juga ikut terdistorsi, tapi masih berfungsi normal.

     "Hutang Penjelasan" 

    Pada Bab 3, Monika menjelaskan kepada pemain, tentang penyebab mengapa tangan Sayori berdarah, karena gantung diri-nya itu tak langsung membunuhnya. Jika saja Sayori mencoba gantung diri di tempat yang lebih tinggi, ini akan mempercepat kematiannya, dan tidak akan menyakitkan. Saat kejadian, Sayori perlahan mengalami sesak nafas, dan ketika itu dia mencoba untuk melepaskan diri dari tali tersebut, inilah yang membuat jari Sayori berdarah. Monika meyakini dua kemungkinan, pertama : Sayori berubah pikiran sesaat setelah dia tergantung, kedua : Ini hanya refleks tubuhnya saja.


    Analisa

    Saat kejadian, Sayori tidak memakai baju yang sama, dengan baju yang dia pakai saat menemui MC di hari ke-4. Tapi dia memakai baju putih dengan celana pendek merah. Ada bayangan gelap dibawah matanya, kulitnya benar-benar pucat. Ada darah yang kering menghitam di jarinya. Ini menunjukkan bahwa waktu kejadian sudah cukup lama, yaitu dini hari di hari ke-5. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Dan Salvato di twitternya


    Trivia

    Di DDLC! Indonesia, kata "sayang" pada tombol  Aku sayang kamu  dan  Kamu teman tersayangku , bisa berubah menjadi "cinta" atau "suka". Tergantung kepada siapa terakhir puisi pemain ditujukan. Sayori : "sayang", Natsuki : "suka", Yuri : "cinta".

    Tentunya perubahan teks ini tidak berpengaruh sama sekali di permainan.

    Di DDLC! Indonesia, saat tragedi sedang berlangsung, pemain mengalami "error" saat mengakses menu-menu yang ada, seperti Riwayat, Lewati, Auto, Simpan, Muat dan Pengaturan.

  • MOD FERVENT TEMPO Δ © - Arachmadi Putra

    Tema Asli © Johanes Djogan